Senin, 17 November 2014

Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar dengan JavaScript

Akhirnya ada juga ide buat posting something good :D udah lama ga posting "sesuatu" yang bermanfaat. yaa mungkin ga seberapa nilainya tapi kan ya katanya "Sampaikanlah walau hanya 1 ayat" dan bukannya ga mau sharing, ato pelit ilmu kesulitan gw adalah seringnya gw gagal fokus, hhmmm...di draft gw banyak tulisan "1 ayat" yang masih setengah2. kadang lagi mood nulis tiba2 dipertengahan ada aja halangannya. entah ada kerjaan lain, entah tiba2 blank, entahlah...

Kebetulan semester ini gw megang matakuliah yang memang udah jadi pegangan gw setiap sementer ganjil yaitu "Aplikasi Berbasis Web". sesuai sama namanya, tujuan akhir dari matakuliah ini adalah mahasiswa mampu membangun website baik website yang dinamis maupun website statis. pake apa bahasa pemrogramannya? ya..yang standard aja sih, dimulai dari HTML, CSS, Javascript, dkk. nah minggu ini nih dipertemuan ke-8 (dikalender gw), materi yang gw sampaikan adalah "PENGENALAN JAVASCRIPT". dan diakhir kuliah seperti biasa, gw adalah Dosen yang rajin ngasih tugas :D tujuannya sih bukan untuk nyusahin ato ngebebanin mahasiswa, tapi justru niat gw supaya mereka mw buka2 lagi materi yang udah diajarkan dirumah. ya meskipun memang tetep aja ada segerintil mahasiswa yang ga mau ribet dan memilih jalan pintas dengan copas dan sedikit modifikasi tugas punya temennya. tapi ya meskipun gondok, tapi gw hargai usahanya mw mengerjakan tugas. eh ko malah curhat yak :)), oke let's see apa yang mw gw posting kali ini, yuk disimak gan :)

Jadi tugas kali ini adalah menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang dan Segitiga. yang diminta adalah perhitungannya dihitung dengan bantuan JavaScript. nah layout yang diminta adalah seperti gambar berikut:

Pada saat tombol Hitung Luas ato Hitung Keliling diklik, maka akan tampil hasilnya. variable yang digunakan nilainya sudah diset di soal, jadi memang hanya berisi perhitungan untuk satu nilai itu saja. Ok, berikut ini adalah script javascript nya: 

Karna berupa function, maka script javascript ini diletakan diarea Head file HTML nya. ini nih cara manggil function di tombolnya dengan menggunakan event handler onClick:


Nah, jadi deh ngitung2 luas dan Keliling 2 bangun datar diatas. silahkan dikembangkan untuk variable yang diinput (dinamis) dan tambahkan juga bangun datar yang lainnya serta mungkin lebih bagus lagi bangun ruangnya ditambahn juga kali ya! selamat mencoba :)

0 Comment:

Posting Komentar