Sabtu, 12 Februari 2011

Dari Whiteboard Beralih Ke Projector

hhmmm,,,g da hubungannya banget deh whiteboard sama projector!!emang betul banget, tapi gw bikin judul ini semata-mata karena terinspirasi kejadian yang gw alami hari ini. well, seperti biasa bahwa hari sabtu itu adalah jadwal gw bertemu dengan murid2 gw yang ganteng-ganteng (g da yang cantik, secara STM ghetooo...!). hari ini ada guru yang nanya ke gw mengenai software presentasi (power point, red). sebenernya dari minggu lalu beliau ini nanya-nanya bgimana cara bikin bagan di ppt. tp memang baru hari ini beliau nemuin gw bawa-bawa netbook dan menunjukan contoh bagan yang pengen dia bikin. kenapa beliau nanya gw?secara gw guru KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi),makanya mungkin alasan kuat itulah yang mendorong beliau akhirnya memutuskan bertanya ke gw...;-)


dari situ gw jadi inget zaman2nya gw SD,SMP dan SMA dulu. guru-guru disekolah gw nerangin dengan cara mencatat di whiteboard sambil menjelaskan. ada juga c yang make OHP, itu loh yg print-nya mesti dikertas bening gitu. itu gw liat ud keren banget tuh, meskipun klo duduk dibelakang g keliatan karena tampilannya kecil. ko g pake projector? itu dia guys, jamannya gw skolah tuh masih jarang banget ngeliatan projector di skolah. g tw jg deh skolah gw pada saat itu punya apa g alat itu? tapi gw yakin seyakin yakinnya c klo sekarang mah pasti punya lah. g mungkin engga, apalagi ini jakarta bo...

ngeliatan perkembangan teknologi yang udh serba digital  dan canggih, ud g heran lagi sekarang disekolah2 itu proses belajar mengajar itu menggunakan projector dan pastinya laptop or PC. dan itu berguna banget ya bisa menghemat waktu dan mengurangi pemakaian stationary khususnya spidol whiteboard dan penghapusannya. karena ap?karena yang dulu nulis di whiteboard, sekarang bisa diganti dengan cara mengetik di laptop. toh hasilnya sama aja.malah lebih bagus bisa di warna2i tanpa harus bawa spidol warna warni.

tapi, terkadang pesatnya perkembangan teknologi itu tidak sebanding dengan perkembangan kemampuan SDM nya itu sendiri. Gokil juga c gw bilang, kadang baru bisa software A versi 1.0 udh keluar lagi versi terbarunya dengan fiture2 yg jauh lebih banyak dan otomatis harus penyesuaian lagi dalam menggunakannya.atau baru beli netbook baru dengan spesifikasi bla,bla,bla dengan harga "murah" g lama kemudian keluar versi terbaru dengan harga "murah juga" namun spesifikasinya lebih lengkap lagi. hhmmm,,,klo punya banyak duit dan pngen selalu up to date, bisa2 rumahnya beralih fungsi jadi penimbun barang2 rongsokan tuh, hhuuuffft....

untuk faktor SDM, memang g smua bisa mengejar ketertinggalan. contohnya ya itu tadi, mengenai penggunaan software presentasi dalam kegiatan belejar mengajar. banyak guru2 yang mungkin belum begitu mengerti bagaimana cara membuat file presentasi yang baik dan menarik untuk mengajar. bahkan masih menggunakan metode lama (menulis di whiteboard). padahal sudah di berikan sarana dan prasarana yang sangat menunjang sekalipun. tapi bagaimanapun juga memang kembali kepada pribadi masing2, jika orang A lebih senang menggunakan metode lama, dan orang B giat mempelajari dan mencari tahu mengenai metode baru, itu ya terserah masing2 orang kn. dan itu hak setiap orang. siapa juga yang melarang? tapi, gw salut sama orang2 yang trus mw belajar dan bertanya. gw juga seneng ada yg nanya, apalagi klo pertanyaan itu bisa gw jawab...;-)

gw seneng klo bisa berbagi dengan yang lain, dan gw sangat terbuka dengan masukan2 dari luar demi perbaikan yg lebih baik lagi. smoga dunia pendidikan indonesia akan terus maju dan para pendidik pun terus belajar meningkatkan kualitasnya dalam mendidik dan mencerdaskan bangsa...^_^

0 Comment:

Posting Komentar